Forum dua Kecamatan Tolak Buol Bergabung dengan Gorontalo

Saudara Safrudin Korompot, Forum Solidaritas Masyarakat dan Pemuda Kecamatan Paleleh-Paleleh Barat

Penadata, Buol – Forum Solidaritas Masyarakat dan Pemuda Kecamatan Paleleh- Paleleh Barat menolak Kabupaten Buol untuk bergabung dengan Provinsi Gorontalo. Menurut mereka, hal tersebut akan merusak keharmonisan masyarakat Buol yang sudah lama terbangun.

Saudara Safrudin Korompot, Forum Solidaritas Masyarakat dan Pemuda Kecamatan Paleleh-Paleleh Barat mengatakan jika dilihat dari letak geografis, wilayah Kabupaten Buol sangat strategis secara ekonomi karena berada di daerah transit atau persinggahan antara Sulawesi Tengah, Gorontalo dan provinsi Sulawesi Utara.

“Isu pemisahan atau perpindahan wilayah kabupaten Buol dari provinsi Sulawesi Tengah ke Provinsi Gorontalo merupakan isu yang disinyalir akan merusak harmonisasi keberagaman yang telah Mengakar sejak lama,” kata Saudara Safrudin Korompot, Sabtu (28/8/2021).

Ia menyebut penolakan yang dilakukan pihaknya karena untuk menyikapi Isu oknum yang mengatasnamakan masyarakat  Buol ingin bergabung dengan Provinsi Gorontalo. Ia bilang, Forum Solidaritas Masyarakat dan Pemuda Kecamatan Paleleh- Paleleh Barat adalah forum yang dibuat oleh para tokoh dari dua Kecamatan.

“Ada oknum yang Oknum yang coba memprovokasi masyarakat mengatasnamakan Masyarakat Buol ingin Bergabung dengan Provinsi Gorontalo. dan itu sangat bertolak belakang dengan sejarah lahirnya Buol dibawa Provinsi Sulawesi Tengah” ujarnya

Ia menilai isu penggabungan tersebut akan mengganggu geliat ekonomi buol yang memiliki berbagai sumber ekonomi. Ia mencontohkan pelaku pasar di Kecamatan Paleleh dan Paleleh Barat sebagian besar berasal dari Provinsi Gorontalo. Pekerja tambang di Kecamatan Paleleh juga sebagian besar berasal dari Gorontalo.

“Ini mengindikasikan bahwa secara ekonomi kecamatan Paleleh dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tengah lebih sejahtera,” pungkasnya