Kakankemenag Kota Buka Kegiatan PDWK Saintifik Bagi Guru

Kota Gorontalo – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, Misnawaty S. Nuna secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) saintifik bagi guru, Senin (21/02/2022) bertempat di Aula PLHUT Kemenag Kota Gorontalo.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Balai Diklat Keagaman Manado, yang diikuti peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari guru RA, MI, Mts, MA Negeri/Swasta, dan guru PAI di lingkungan Kemenag Kota Gorontalo.

Bacaan Lainnya

Misnawaty mengatakan, selain bertujuan
untuk meningkatkan kapasitas guru  kegiatan ini juga dapat mempermudah guru-guru untuk yang ingin naik pangkat.

“Cukup banyak guru di kota gorontalo yang terpaksa tidak bisa naik pangkat karena ada beberapa yang tidak memenuhi syarat, sebab tidak mengantongi keikutsertaan Diklat tertentu. Sehingga Diklat sebagai sarana peningkatan kapasitas ini menjadi sangat penting,” ucapnya.

Selain itu, kata Misnawaty, yang juga melatarbelakangi pentingnya pelatihan ini adalah karena dalam produk pendidikan baik dasar dan menengah perlu adanya pemikiran yang kritis dari siswa, yang menurutnya pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik perlu digelar agar proses pembelajaran ilmiah bisa terjadi.

“Pendekatan saintifik ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik agar bersikap dan berkarya menggunakan kaidah ilmiah,¬† supaya dalam proses pembelajaran bisa di bandingkan antara proses itu dengan hasil pembelajaran,” ujar Misnawaty.

Lebih lanjut, Misnawaty menyampaikan apresiasinya kepada para guru peserta PDWK saintifik yang sampai saat ini masih memiliki keinginan untuk terus meningkatkan kapasitasnya guna memperbaiki kualitas pelayanan pembelajaran.

“Terimakasih kami sampaikan kepada rekan-rekan guru, yang sudah berjuang, berididikasi dari lembaga masing-masing. Kita sadari di sana sini memang masih banyak kekurangan tetapi para guru tetap berusaha memperkuat kapasitasnya dalam memfasilitasi peserta didik, agar mereka mendapatkan pelajaran yang baik,” jelasnya.

Pos terkait