Oleh: Deva Ardhina Zahra – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
KOREA Wave merupakan nilai-nilai budaya yang berasal dari Korea Selatan. Dengan masuknya Korean Wave ke negara-negara seluruh dunia yang salah satunya ialah Indonesia, dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat Indonesia sebagai penikmat budaya dan korea sebagai penghasil karya.
Dengan ditunjukan bahwa Korean Wave di Indonesia dapat diterima dengan baik dengan dibuktikan banyaknya masyarakat Indonesia yang tertarik belajar terhadap kebudayaan Korea Selatan. Korean wave masuk di Indonesia diawali dengan drama Korea yang masuk di pertelevisian Indonesia.
Drama pertama yang tayang di televisi Indonesia adalah Full House 2004. Sampai saat ini drama korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan drakor merupakan salah satu hal yang paling digemari oleh semua kalangan, terlebih lagi saat pandemi covid-19 penonton drakor sangat meningkat dari semua kalangan.
Hallyu/Korean wave seperti musik, drama, makanan, fashion, skincare, bahkan juga bahasa korea. Produk-produk Hallyu tersebut telah masuk ke Indonesia dan sudah menjadi salah satu konsumsi budaya masyarakat indonesia.
Sejak populernya Hallyu di Indonesia membawa dampak terhadap masyarakat Indonesia, seperti meningkatnya minat untuk belajar bahasa Korea, produk-produk Korea, belajar di Korea, termasuk melakukan perjalanan atau berlibur ke Korea Selatan. Segala hal yang berhubungan dengan Korean Wave akan menjadi hal yang disukai di kalangan masyarakat.
Sejak berkembangnya di Indonesia, berpengaruh terhadap jumlah kunjungan masyarakat Indonesia untuk berlibur ke Korea Selatan. Karena berlibur juga merupakan kegiatan yang disukai oleh masyarakat pada saat ini. Pemerintah Korea Selatan terus mengembangkan industri pariwisatanya agar semakin baik dalam memberi pelayanan.
Meskipun saat pandemi covid-19, pemerintahan Korea Selatan tetap terus melakukan perbaikan dalam segi pelayanan agar sesuai dengan protokol kesehatan. Dan pemerintahan Indonesia juga selalu menghimbau bagi yang melakukan perjalanan ke luar negeri tetap harus mematuhi protokol kesehatan.
Wisatawan dari Indonesia dianggap cukup besar dalam menyumbang turis yang berkunjung di Korea Selatan, dikarenakan jumlah penggemar Korean Wave di Indonesia sangat besar. Hal ini membuktikan bahwa Korean Wave merupakan salah satu faktor penting untuk menarik para wisatawan untuk memilih Korea Selatan sebagai tujuan untuk berwisata. Apalagi remaja Indonesia sangat menggemari fashion style korea selatan atau Korean Style.
Berjalan dengan popularitas Korean Wave di Indonesia, wanita di Indonesia juga menganggap bahwa produk skincare asal Korea Selatan lebih cocok dengan jenis kulit orang Indonesia. Akibatnya muncullah antusiasme masyarakat untuk menggunakan produk skincare asal Korea Selatan. Badan Pusat Statistik mencatat bahwa angka impor produk skincare dari Korea Selatan mencapai 5,9 juta dollar AS pada tahun 2020.
Antusias masyarakat dengan adanya budaya Korea Selatan terhadap produk asal Negara tersebut bersamaan dengan berkembangnya digitalisasi di Indonesia. Internet yang semakin mudah diakses masyarakat untuk mencari informasi mengenai produk yang ingin dibeli, yang salah satunya produk skincare asal Korea Selatan.
Apakah dengan adanya popularitas Korean wave di Indonesia sangat menguntungkan bagi korea selatan? Tentu iya, karena dengan adanya Korean Wave di Indonesia dapat meningkatkan perekonomian Korea Selatan dan keuntungan tersebut yang dicapai tidak hanya dari keuntungan ekspor budaya, tetapi juga melalui pemanfaatan popularitas para artis Korea Selatan sebagai daya tarik untuk masyarakat dan sebagai alat promosi suatu produk.
Salah satu boyband dari Korea Selatan yaitu BTS dengan kepopularitasnya yang sangat mendunia, salah satunya sangat digandrungi di Indonesia. BTS membawa dampak yang cukup besar dalam menyumbang perekonomian di Korea Selatan. Dikarenakan fans BTS yang sangat besar dari berbagai kalangan.
BTS sejak tahun 2017 telah menjadi Brand Ambassador pariwisata dari Korea Selatan, dengan BTS menjadi BA pariwisata Korea Selatan membuat pertumbuhan ekonomi Korea Selatan mengalami peningkatan yang sangat besar. Seperti pada tahun 2017 BTS mampu menghasilkan kurang lebih 796.000 turis dari berbagai negara dan salah satunya adalah masyarakat Indonesia dalam setahun yang datang untuk berlibur ke Korea Selatan pada tahun 2017 sebanyak 10,4 turis.
Selain dalam bidang pariwisata, dalam bidang ekspor barang BTS juga menyumbang cukup besar akibat dari kepopularitasnya yang mencapai 15,8 triliun dari 938 triliun total dari keseluruhan ekspor Korea Selatan. Hal ini menunjukan bahwa BTS merupakan salah satu yang membawa pengaruh besar pada perekonomian Korea Selatan. Jadi dengan adanya Korean Wave membuat pengaruh yang besar dalam meningkatkan perekonomian Korea Selatan baik dalam bidang pariwisata ataupun ekspor barang.